Penyebab Dan Pencegahan Osteoarthritis

Penyebab dan Pencegahan Osteoarthritis.- Selamat datang di website obat paru paru basah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyebab dan pencegahan osteoarthritis.

osteoarthritisOsteoartritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Osteoartritis terdiri atas osteoartritis primer yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan Osteoartritis sekunder yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.
Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut dengan nama kartilago biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.
Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.

Kerusakan tulang rawan

Seluruh tulang rawan memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit osteoarthritis ini. Lokasi dari tulang rawan terserbut meliputi bagian lutut, engkel, panggul, bahu, tulang belakang, dan siku. Jika dilihat dari segi kerusakan pun memiliki tingkatan stadium yang berbeda-beda. Untuk stadium ringan, Anda akan merasakan tulang rawan yang lembek, berserabut, atau bolong. Sedangkan untuk tulang rawan stadium berat adanya tulang dibawah tulang rawan lalu tulang tersebut ikut tergerus karena radang. Lutut dan panggul merupakan dua bagian tubuh yang paling rentan terkena penyakit osteoarthritis. Hal ini disebabkan karena sendi yang terletak di kedua bagian tubuh ini adalah sendi yang menahan berat tubuh Anda. Namun sayangnya, penyakit ini adalah penyakit yang tergolong misterius karena penyakit ini bisa menyerang semua sendi.

Stadium Osteoarthritis

Mari ambil contoh penyakit radang sendi pada bagian lutut. Jika dilakukan proses foto rontgen pada sendi yang terletak dibagian lutut tersebut, maka akan terlihat penyempitan pada celah sendi. Gejala ini disebut juga sebagai stadium satu pada penyakit osteoarthritis. Jika tingkatnya meningkat menjadi stadium dua, maka gejala yang akan muncul adalah adanya penyempitan dan juga munculnya osteofit. Lebih parah lagi jika penyakit ini sudah sampai pada stadium tiga dan empat karena pada tahapan stadium ini, tulang paha dan tulang kering sudah menyatu.

Penyebab Osteoarthritis

Faktor yang menyebabkan penyakit radang sendi ini adalah karena bobot badan yang cukup berat sehingga mengalami kegemukan/obesitas. Tidak hanya kegemukan, penyakit ini juga bisa disebabkan karena orang-orang yang terlalu keras dalam berolahraga hingga cedera. Ini lebih bahaya jika pernah cedera pada bagian sendi. Faktor lainnya adalah keturunan.
Karena termasuk pada penyakit degeneratif, maka penyakit osteoarthritis adalah penyakit yang sering menyerang orang tua. Dari segi jenisnya dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Penyakit radang sendi ini disebut primer karena sebabnya belum diketahui secara pasti. Sedangkan jenis sekunder terjadi karena faktor tertentu yang sudah diketahui seperti contoh patah tulang yang menjalar sampai ke sendi. Jika tidak bisa ditangani dengan benar, maka penyakit osteoarthritis bisa terjadi lebih dini atau terjadi pads usia muda.

Pencegahan Osteoarthritis

Pencegahan osteoartritis yang utama adalah mengubah gaya hidup, jika kegemukan maka berat badan harus diturunkan, harus berolahraga, tetapi tidak berlebihan dan hindari high-impact, misalnya senam high-impact dan lari jarak jauh, olahraga yang tidak banyak membebani lutut adalah berenang dan sepeda statis. Menurut dokter Adrian W. Tarigan, spesialis ortopedi dari Rumah Sakit Jakarta yang juga ahli traumatologi ini, langkah pencegahan menjadi langkah terbaik agar orang tidak menderita OA. Dia menyarankan beberapa langkah untuk mencegah penyakit ini, antara lain:

  • Cegah obesitas atau kegemukan
    Ia menerangkan, pria atau wanita yang kegemukan akan berpotensi terkena OA. Obesitas akan menyebabkan cedera pada perekat persendian pada lutut, panggul, dan lutut karena setiap saat akan menerima beban berlebih pada persendian tersebut.
  • Lakukan pemanasan sebelum olahraga
    Pemanasan sebelum olahraga bisa mencegah OA. Hal ini ditujukan bagi mereka yang aktif, khususnya bagi para atlet olahraga berat, angkat besi, atau penari. Sebab, olah raga ini memiliki tumpuan pada lutut.
  • Mengkonsumsi suplemen
    Berilah nutrisi untuk sendi dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung glucosamine dan chondroitin. Kombinasi kedua bahan ini mampu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga kondisi persendian.
  • Menjaga nutrisi agar selalu baik dan seimbang.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

SARAN PENGOBATAN

Untuk informasi pengobatan osteoarthritis secara herbal dan juga alami, anda bisa hubungi SATELIT HERBAL di No (0812.2442.9800) atau (PIN BB 2B489FF8) atau anda bisa juga mengunjungi website kami dengan Klik => Obat Osteoarthritis Tradisional

Terimakasih atas kunjungannya 🙂

Posted by. Obat Paru Paru Basah